Cara mengajar anak SD yang efektif

Cara Mengajar Anak SD yang Efektif -
Ketika seorang guru dihadapkan untuk
mengajar anak SD tentu ini adalah
sesuatu yang menarik dan sangat
menangtang. Apalagi jika dia statusnya
guru baru dan belum memiliki banyak
pengalaman mengajar, butuh waktu serta
tenaga untuk bisa beradaptasi. Karena
kita tahu sendiri, siswa SD adalah mereka
yang usianya masih sekitar 6-11 tahunan,
usia yang senang-senangnya bermain.
Jelas ini membuat para guru SD harus
kerja lebih dan menerapkan berbagai
strategi dalam mengajar.
Nah bagi rekan - rekan yang ingin tahu
bagaimana cara mengajar Anak SD yang
efektif, mari disimak ulasannya di bawah.
Ambil Langkah Jitu dan Banyak
Bertanya
Guru adalah mereka yang memiliki
kewajiban mentransfer ilmu yang
dimilikinya. Oleh karenanya para pendidik
harus faham dengan materi yang
diajarkannya. Semakin banyak ilmu yang
dimiliki seorang guru, maka semakin besar
pula kesempatan bagi siswa untuk
mendapatkan ilmu yang lebih. Namun
demikian, selain guru harus faham dan
mengerti dengan materi yang
dipegangnya, ia juga harus tahu metode-
metdoe dalam kegiatan pembelajaran.
Ilmu yang ditransfer dengan metode yang
benar akan menghasilkan sesuatu yang
positif, akan tetapi jika sang guru tidak
mampu menerapkan metode dengan tepat
maka ilmu yang dibagikannya tidak akan
maksimal tersalurkan.
Dalam belajar siswa SD terkadang
mengalami kesulitan dalam mengingat
sesuatu. Ditambah lagi jika materinya
banyak, pasti lebih sulit lagi. Nah disinilah
guru harus memberikan sebuah langkah
jitu untuk mengatasi itu semua. Salah
satu cara yang bisa digunakan adalah
dengan metode "Chungking". Metode
chungking adalah metode yang
memudahkan siswa dalam mengingat
sesuatu.
Contoh dari penggunaan metode ini,
misalkan siswa disuruh untuk mengingat
angka : 14062008. Dalam hal ini siswa
bisa mempergunakan metode chungking
untuk mengingat angka tersebut, yaitu
dengan:
14, 06, 2008 = Siswa membagi angkat
kedalam 3 kelompok. Dan disesuaikan
berdasarkan tanggal lahir. Kenapa ? Ini
dibuat untuk memudahkan siswa dalam
mengingat angka tersebut.
Contoh lain, misalkan siswa di suruh
mengingat sederet kata: Sapi, Rumput,
Lapangan, Tennis, Air, Anjing, Danau.
Dalam hal ini siswa bisa mempergunakan
metode chungking untuk mengingat kata
tersebut, yaitu:
"SAPI terlihat makan RUMPUT disamping
LAPANGAN TENNIS. Setelah itu ia
meminum AIR yang tidak jauh dari ANJING
yang sedang memandang DANAU di
sebrang"
Cara efektif dalam penggunaan metode ini
adalah banyak bertanya. Apabila guru
sudah memberikan instruksi kepada siswa
untuk menghafal sesuatu, siswa harus
diberi pertanyaan yang banyak berkenaan
dengan materi bersangkutan. Ini dilakukan
untuk mengetahui letak kesulitan siswa
dalam menghafal sehingga guru bisa
langsung membantu permasalahannya
tersebut.
Atur Tempat Duduk Siswa
dengan Tepat
Hubungan sosial sangat penting bagi anak-
anak sekolah dasar. Pada usia ini, siswa
SD tengah belajar bagaimana membangun
persahabatan dan belajar tentang
bagaiman bekerja dengan kelompok.
Seringkali, guru dalam mengatur tempat
duduk dikelompokan berdasarkan minat
dan kemampuan. Ini sangat penting bagi
para siswa dalam mengembangkan
pemahaman akan diri mereka sendiri
sebagai seorang peserta didik dan untuk
dapat meningkatkan kesadaran berfikir
mereka.

Komentar

Postingan Populer